System

11 Cara Memperbaiki Blue Screen Pada PC Dengan Mudah

11 cara memperbaiki blue screen pada pc dengan mudah

Blue screen of death adalah layar komputer yang digunakan windows 10 dan versi microsoft windows yang lebih lama ketika mengalami kesalahan.

Blue screen dipandang sebagai salah satu cara microsoft sendiri untuk menipu pengguna slot gacor. Namun, kesalahan khusus ini telah ada selama hampir dua dekade sekarang. Blue screen of death adalah layar yang digunakan windows 10 dan versi microsoft windows yang lebih lama ketika mengalami kesalahan. Ini bisa menjadi hasil untuk berbagai jenis kesalahan, dengan beberapa menjadi lebih serius daripada yang lain.

Pengertian Dari Blue Screen Of Death Komputer

pengertian dari blue screen of death komputer

Blue screen of death adalah akibat dari kesalahan atau masalah dalam pengoperasian komponen komputer atau driver untuk komponen tersebut . Terkadang bug di kernel Windows (perangkat lunak tingkat sangat rendah) mengarah ke BSOD QQMega368. Seringkali, kesalahan atau kerusakan pada aplikasi umum tidak dapat menyebabkan Blue screen of death.

Blue screen of death biasanya terjadi setelah komputer berjalan beberapa saat, baik tanpa error atau dengan error yang kemudian diabaikan oleh sistem operasi. Dalam kasus ini, Blue screen of death disebabkan oleh bug di kernel Windows. Blue screen of death adalah kesalahan komputer yang menyebabkan sistem operasi macet. Ini sering disertai dengan kode kesalahan yang biasanya muncul di sudut kiri atas layar. Kesalahan ini biasanya berarti ada masalah dengan perangkat keras, jadi penting untuk me-restart atau mematikan komputer dan mencoba menggunakannya lagi nanti.

Blue screen of death atau disingkat bsod ( blue screen of death ) adalah fenomena yang dibenci oleh setiap pengguna windows. Munculnya blue screen of death menunjukkan kesalahan kritis yang tidak dapat diselesaikan oleh sistem operasi. Seringkali penyebab blue screen of death adalah perangkat lunak tingkat rendah, driver, kesalahan pada perangkat keras itu sendiri, atau Bootloop komponen komputer yang tidak tepat.

Penyebab Blue Screen Of Death

penyebab blue screen of death

Blue screen of death adalah akibat dari kesalahan atau masalah dalam pengoperasian komponen komputer atau driver untuk komponen tersebut. Terkadang bug di kernel windows (perangkat lunak tingkat sangat rendah) mengarah ke bsod. Seringkali, kesalahan atau kerusakan pada aplikasi umum tidak dapat menyebabkan blue screen of death. Dalam kasus seperti itu, aplikasi itu sendiri mogok, dan sistem operasi terus bekerja secara normal. Ini dimungkinkan dengan memisahkan kode menjadi mode pengguna dan mode kernel sistem operasi. Blue screen of death muncul ketika kesalahan khusus “Stop error” terjadi.

Ini adalah kesalahan kritis yang menyebabkan sistem operasi macet dan berhenti bekerja. Ini juga bisa disebut mekanisme pertahanan os. Itu juga dapat dibandingkan dengan mekanisme perlindungan tubuh manusia. Jika ada terlalu banyak rasa sakit, orang tersebut kehilangan kesadaran. Hampir sama dengan blue screen of death. Setelah menemukan kode yang salah, sistem menghentikan pekerjaannya dan menampilkan informasi tentang kesalahan di layar. Pada titik perangkat keras, satu-satunya hal yang dapat dilakukan windows adalah me-restart komputer anda.

Akibat kesalahan ini, informasi yang belum disimpan akan hilang karena aplikasi tidak memiliki waktu untuk menyimpan informasi yang terbuka. Itulah sebabnya semua orang benar-benar membenci bsod. Ketika blue screen of death muncul di layar, sistem secara otomatis membuat file dump, di mana informasi tentang kesalahan disimpan. File ditulis ke disk dan setelah komputer dihidupkan ulang, file tersebut dapat dilihat untuk mendeteksi kesalahan dan memperbaikinya. Perlu juga dicatat bahwa blue screen of death terlihat berbeda pada sistem operasi yang berbeda.

READ  10 Besar | Keyboard Gaming Terbaik Spesifikasi Dan Harga

Di windows 7 dan sebelumnya, bsod pada dasarnya adalah layar biru dengan banyak teks putih dan kode aneh. Di windows 8 / 10, microsoft telah sangat menyederhanakan bsod dan sekarang hanya menyertakan emotikon sedih, pesan kesalahan, dan kode kesalahan itu sendiri. Blue screen of death adalah akibat dari kesalahan atau masalah dalam pengoperasian komponen komputer atau driver untuk komponen tersebut. Terkadang bug di kernel windows (perangkat lunak tingkat sangat rendah) mengarah ke bsod. Seringkali, kesalahan atau kerusakan pada aplikasi umum tidak dapat menyebabkan blue screen of death.

Dalam kasus seperti itu, aplikasi itu sendiri mogok, dan sistem operasi terus bekerja secara normal. Ini dimungkinkan dengan memisahkan kode menjadi mode pengguna dan mode kernel sistem operasi. Blue screen of death muncul ketika kesalahan khusus “Stop error” terjadi. Ini adalah kesalahan kritis yang menyebabkan sistem operasi macet dan berhenti bekerja. Ini juga bisa disebut mekanisme pertahanan os. Itu juga dapat dibandingkan dengan mekanisme perlindungan tubuh manusia. Jika ada terlalu banyak rasa sakit, orang tersebut kehilangan kesadaran. Hampir sama dengan blue screen of death sistem komputer.

Setelah menemukan kode yang salah, sistem menghentikan pekerjaannya dan menampilkan informasi tentang kesalahan di layar. Pada titik ini, satu-satunya hal yang dapat dilakukan windows adalah me-restart komputer anda. Akibat kesalahan ini, informasi yang belum disimpan akan hilang karena aplikasi tidak memiliki waktu untuk menyimpan informasi yang terbuka. Itulah sebabnya semua orang benar-benar membenci bsod. Ketika blue screen of death muncul di layar, sistem secara otomatis membuat file dump, di mana informasi tentang kesalahan disimpan.

File ditulis ke disk dan setelah komputer dihidupkan ulang, file tersebut dapat dilihat untuk mendeteksi kesalahan dan memperbaikinya. Perlu juga dicatat bahwa blue screen of death terlihat berbeda pada sistem operasi yang berbeda. Di windows 7 dan sebelumnya, bsod pada dasarnya adalah layar biru dengan banyak teks putih dan kode aneh. Di windows 8 / 10, microsoft telah sangat menyederhanakan bsod dan sekarang hanya menyertakan emotikon sedih, pesan kesalahan, dan kode kesalahan itu sendiri.

Mendiagnosis Blue Screen Of Death

Ketika Anda menemukan blue screen of death, hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat apa yang menyebabkannya muncul. Seperti disebutkan di atas, informasi tentang BSOD ditulis ke log peristiwa Windows, tetapi menemukan blue screen of death tertentu di sana cukup bermasalah, karena laporan disembunyikan di hutan pesan kesalahan dan file log lainnya.

Pada titik ini, aplikasi Blue Screen malware komputer kecil akan berguna. Aplikasi ini mengumpulkan semua layar biru laporan kematian yang terjadi pada sistem operasi Anda. Di sana Anda akan menemukan tanggal dan waktu kesalahan, kode kesalahan, deskripsi kesalahan, driver yang menyebabkan kesalahan, dan banyak informasi lain yang berguna untuk mendiagnosis. Secara umum, penyebab blue screen of death berikut dapat dicatat:

  1. Dalam sebagian besar kasus, masalahnya ada pada pengoperasian driver dari setiap komponen pc
  2. Kegagalan atau kerusakan pada salah satu komponen komputer. Ram, misalnya, atau kartu video
  3. Overclocking prosesor yang salah dan ram yang sama
  4. Kesalahan pengaturan bios
  5. Komponen komputer yang bentrok atau perangkat keras yang tidak kompatibel
  6. Menjadi terlalu panas
  7. Virus
READ  TOP 10 Ponsel Gaming Terbaik Spek Canggih Harga Murah

Atasi Blue Screen Yang Terus Muncul

atasi blue screen yang terus muncul

Anda sering dapat memperbaiki kesalahan yang menyebabkan blue screen of death di bagian control panel-system and security-security and maintenance center . Windows 8 dan windows 10 akan secara otomatis mencoba memperbaiki masalah setelah anda me-restart komputer anda. Jika sistem tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri dan anda terus mendapatkan bahaya virus blue screen of death, solusi paling logis adalah pergi ke mesin pencari. Windows sendiri bahkan menyarankan anda untuk mencari di internet cara memperbaiki kesalahan yang menyebabkan bsod.

Untuk itulah kode dan deskripsi muncul di layar. Seringkali ini seperti 0x000000024 atau manually_initiated_crash. Mencoba untuk google layar biru spesifik anda dari kesalahan kematian kemungkinan besar akan membuahkan hasil dan anda akan menemukan cara untuk memecahkan masalah. Jika tidak mungkin menemukan penyebab blue screen of death, berikut beberapa tipsnya:

  1. Gunakan titik pemulihan windows. Jika blue screen of death mulai muncul baru-baru ini, putar kembali sistem beberapa hari atau minggu yang lalu. Tentu saja, anda harus mengaktifkan titik pemulihan windows . Jika tidak, kami sarankan untuk mengaktifkannya sekarang. Apakah memutar kembali ke titik pemulihan sebelumnya membantu? Maka ini adalah tanda yang jelas bahwa blue screen of death disebabkan oleh masalah perangkat lunak.
  2. Periksa komputer anda untuk hama. Virus dan malware lainnya bisa masuk ke dalam komputer anda. Begitu dalam sehingga bahkan dapat mempengaruhi inti windows dan memprovokasi ketidakstabilan di tingkat terdalam. Periksa apakah komputer anda memiliki virus. Mungkin mereka adalah penyebab bsod konstan.
  3. Perbarui driver perangkat anda. Driver yang salah diinstal atau hanya fakta tentang malware sering menyebabkan blue screen of death. Unduh driver terbaru untuk perangkat keras komputer anda dan lihat cara kerjanya. Jika bsod mulai muncul setelah memperbarui driver, maka anda sebaiknya memutar kembali driver ke versi sebelumnya dan menunggu pembaruan berikutnya.
  4. Boot ke mode aman. Jika komputer crash ke blue screen of death setiap kali anda menyalakannya, coba boot windows 10 dalam mode aman . Di dalamnya, windows hanya memuat driver yang paling diperlukan untuk operasi. Kemungkinan besar, driver yang bermasalah tidak akan boot dalam mode aman, dan sistem akan dapat memulai secara normal. Kemudian, anda dapat memperbaiki masalah dari dalam mode aman.
  5. Atur ulang pengaturan bios dan overclock. Tidak ada yang salah dengan overclocking komponen komputer, tetapi overclocking yang tidak tepat sering menyebabkan blue screen of death. Jika anda bereksperimen dengan overclocking dan setelah eksperimen ini bsod mulai muncul, pertama-tama setel ulang bios dan kembalikan pengganda prosesor dan pengaturan tegangan ke nilai pabrik (hal yang sama berlaku untuk overclocking ram).
  6. Periksa perangkat keras komputer anda. Bsod sering kali dapat menunjukkan masalah pada perangkat keras komputer itu sendiri. Dalam hal ini, memperbaiki situasi bisa jauh lebih sulit, karena perlu untuk mendiagnosis bagian-bagian individual, seperti kartu video, ram, hard drive, dan sebagainya.
  7. Instal ulang windows. Seringkali-padat solusi universal untuk semua masalah. Serius, menginstal ulang windows 10 sering menyelesaikan semua masalah karena menginstal semuanya bersih, termasuk driver. Jika penginstalan ulang tidak membantu, kemungkinan besar anda memiliki masalah pada perangkat keras komputer itu sendiri.

Harus dipahami bahwa bahkan komputer yang dapat diservis dengan virus laptop dari waktu ke waktu dapat mengalami kesalahan kritis dan jatuh ke blue screen of death. Dan ini bahkan norma. Lagipula, tidak ada yang sempurna. Jika anda mengalami blue screen of death sekali atau dua kali setahun atau jangka waktu lama lainnya, maka anda mungkin tidak perlu khawatir (file log masih dapat dilihat).

READ  5 Pilihan Hard Drive Terbaik SDD, SSHD Dan HDD Harga Murah

Nah, jika bsod terus-menerus muncul di layar komputer anda, maka anda jelas memiliki masalah yang perlu didiagnosis dan diperbaiki. Dalam hal ini, pc tidak akan menyembuhkan dirinya sendiri.

Ini Dia 11 Cara Memperbaiki Blue Screen Pada PC

ini dia 11 cara memperbaiki blue screen pada pc

Perhatian Anda disajikan 11 rekomendasi untuk menghilangkan BSoD , berikut ini yang dapat Anda singkirkan dari Blue screen of death apa pun:

  1. Pertama, Anda perlu memeriksa ketersediaan ruang kosong pada partisi sistem hard drive. Jika tidak ada cukup ruang kosong, maka Anda perlu menambahnya dengan menghapus data yang tidak perlu;
  2. Pindai sistem operasi dengan program anti-virus untuk menghapus semua jenis perangkat lunak yang tidak diinginkan, seperti virus, trojan, dll.;
  3. Sejumlah besar BSoD muncul karena kesalahan dalam kode sistem operasi itu sendiri. Microsoft terus bekerja untuk memperbaiki kesalahan tersebut dengan merilis tambalan dan paket layanan. Menginstal paket layanan terbaru (Paket layanan) dan terus memperbarui sistem virus komputer akan menghilangkan sejumlah besar kesalahan. Saya merekomendasikan pengaturan tombol radio untuk pembaruan sistem otomatis.
  4. Jika kesalahan muncul setelah driver perangkat atau program yang baru saja diinstal. Anda perlu mengembalikan driver ke versi sebelumnya. Dengan program, segalanya menjadi lebih mudah, menghapusnya akan menghilangkan penyebab kegagalan. Opsi “Konfigurasi Baik yang Terakhir Diketahui” dari sistem dapat berguna.
  5. Jika Blue screen of death mulai muncul setelah Anda menghubungkan perangkat baru ke sistem, maka Anda perlu memeriksa kompatibilitasnya dengan sistem operasi Anda. Jika perangkat kompatibel, maka Anda perlu mengunduh driver terbaru dari situs web resmi pabrikan dan menginstalnya. Jika Anda telah menginstal driver terbaru, Anda harus menginstal driver versi lama. Jika perangkat tidak kompatibel dengan sistem operasi, maka Anda harus mengubah perangkat ini atau mengubah sistem operasi yang mendukung perangkat ini.
  6. Atur pengaturan BIOS ke default. Pengaturan BIOS yang salah dapat menyebabkan konsekuensi yang menyedihkan. Dan layar kematian bukanlah pilihan terburuk. Jika Anda tidak yakin dengan keterampilan Anda, maka lebih baik tidak mengubah apa pun di BIOS.
  7. Sangat sering, alasan munculnya BSoD adalah kerusakan pada RAM. Untuk memeriksanya, Anda dapat menggunakan program sistem operasi pengujian, seperti memtest86+. Jika jalur memori yang rusak terdeteksi, itu harus diganti. Saat menggunakan dua atau lebih stik memori di komputer, melepas yang salah akan memperbaiki kegagalan.
  8. Periksa hard drive Anda untuk bad sector dan error. Jika memungkinkan, perbaiki kesalahan dan pulihkan sektor buruk menggunakan alat sistem standar. Saya menyarankan Anda untuk membaca materi ” Perbaikan HDD “.
  9. Penting untuk menghilangkan komponen PC yang terlalu panas. Bersihkan komputer dari debu, lumasi semua pendingin (prosesor, chipset, kartu video, catu daya) dengan oli khusus. Jika perlu, pasang pendingin tambahan untuk mengatur aliran udara yang benar di unit sistem.
  10. Periksa apakah kabel dan aksesori tersambung dengan benar. Lihat kontaknya, lumasi jika perlu.

Instal ulang sistem operasi. Gunakan hanya disk sistem operasi berlisensi . Menggunakan rakitan yang berbeda menyebabkan masalah konstan.

administrator
the authoradministrator