System

10 Fakta Tentang Malware Komputer Yang Harus Anda Ketahui

10 Fakta Tentang Malware Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Seperti yang anda ketahui, malware komputer dapat mambahayakan sistem komputer yang kita miliki dan dapat merusak pc komputer anda.

Hal ini dilakukan karena wabah influenza biasanya bersifat musiman penyakit ini muncul pada waktu-waktu tertentu dalam setahun dan mulai menyebar, mempengaruhi lebih banyak orang. Aktivitas virus yang menyerang pc slot gacor, smartphone, perangkat tablet, dan jaringan komputer perusahaan tidak bergantung pada musim dan tidak dapat diprediksi. Epidemi “Flu komputer” tidak pernah berakhir.

Ya, karena itu, pengguna tidak menderita kedinginan atau rasa sakit di seluruh tubuh, tetapi dihantui oleh gejala yang disebabkan oleh kemalangan dari jenis yang berbeda – Malware Komputer. Malware Komputer mengalir dari banyak, menggunakan berbagai metode serangan, dari yang halus dan canggih hingga yang sederhana dan lugas, seperti linggis.

Tapi pengetahuan adalah kekuatan. Berbekal informasi yang tepat, anda bisa mengurangi risiko sakit. Itulah mengapa kami menawarkan tutorial singkat tentang Malware Komputer untuk memberi tahu anda apa itu Malware Komputer, apa gejalanya, bagaimana ia terinfeksi, bagaimana memilih obatnya, dan bagaimana melawan virus di masa depan. QQMega368 akan menjelaskan beberapa fakta menariknya.

Apa Itu Malware Komputer?

Apa Itu Malware Komputer

Perangkat lunak berbahaya (atau Malware Komputer) adalah istilah kolektif untuk perangkat lunak atau kode berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem komputer. Malware Komputer sengaja dirancang untuk bermusuhan, mengganggu, dan agresif. Ini berusaha untuk menembus sistem, menyebabkan kerusakan, sebagian menguasai proses tertentu, atau sepenuhnya menonaktifkan komputer, sistem komputer, jaringan, tablet, dan perangkat seluler.

Seperti virus influenza manusia, ia mengganggu operasi normal. Tujuan dari Malware Komputer adalah untuk membuat keuntungan ilegal dengan biaya anda. Meskipun Malware Komputer tidak dapat merusak perangkat keras sistem atau peralatan jaringan (tetapi bahkan di sini ada pengecualian yang diketahui – kami akan membahasnya di bawah di bagian sistem operasi terbaik google android).

Dia dapat mencuri, mengenkripsi atau menghapus data anda, mengubah fungsi komputer atau mengambil kendali dari mereka. Selain itu, dapat memantau aktivitas komputer tanpa sepengetahuan anda.

Bagaimana Memahami Bahwa Malware Komputer Menyerang Sistem?

Bagaimana Memahami Bahwa Malware Komputer Menyerang Sistem

Malware Komputer dapat memanifestasikan dirinya dalam banyak cara. Berikut adalah beberapa tanda paling umum yang menunjukkan adanya Malware Komputer di sistem anda:

  1. Komputer mulai berjalan lambat. Salah satu konsekuensi utama dari Malware Komputer yang menyusup ke sistem operasi adalah memperlambat operasinya, baik anda menjelajahi web atau menggunakan aplikasi lokal.
  2. Iklan yang mengganggu muncul secara berkala di layar. Iklan pop-up yang tidak terduga adalah tanda khas infeksi Malware Komputer di komputer anda. Paling sering, mereka disebabkan oleh bentuk khusus Malware Komputer- adware . Selain itu, iklan pop-up biasanya dikaitkan dengan ancaman Malware Komputer tersembunyi lainnya. Karena itu, penting untuk diingat: jika pesan “selamat! Anda menangkan sesi membaca psikis gratis!”, jangan klik! Hadiah apa pun yang dijanjikan iklan, anda tetap harus membayar, dan membayar banyak .
  3. Komputer sering macet, macet, atau menampilkan layar biru kematian, yang dalam sistem windows menunjukkan adanya kesalahan kritis.
  4. Anda melihat bahwa untuk alasan yang tidak diketahui, jumlah ruang disk kosong telah berkurang. Mungkin sistem operasi Malware Komputer yang tumbuh terlalu besar yang bersembunyi di suatu tempat di hard drive harus disalahkan untuk ini.
  5. Aktivitas internet dari sistem anehnya meningkat.
  6. Penggunaan sumber daya sistem berlebihan dan kipas pendingin komputer terus bekerja dengan kecepatan penuh. Ini adalah tanda pasti bahwa Malware Komputer menggunakan sumber daya sistem di latar belakang.
  7. Halaman beranda browser telah dimodifikasi tanpa izin anda. Mengklik tautan akan membawa anda ke halaman web yang tidak diinginkan. Ini biasanya menunjukkan bahwa anda mengklik pesan pop-up “Selamat” yang sama, setelah itu perangkat lunak yang tidak diinginkan diinstal pada komputer . Dalam kasus serupa, browser mungkin melambat secara signifikan.
  8. Peramban tiba-tiba memiliki bilah alat, ekstensi, atau plugin baru.
  9. Program antivirus berhenti bekerja, anda tidak dapat memperbaruinya, jadi anda tidak berdaya melawan Malware Komputer berbahaya yang menonaktifkannya.
  10. Ada juga serangan virus yang jelas yang bahkan tidak mencoba menyamarkan diri. Ini adalah taktik yang digunakan oleh ransomware : mereka menyatakan diri, melaporkan bahwa mereka telah mencuri data anda, dan kemudian meminta uang tebusan untuk mengembalikan file.
  11. Dan bahkan jika sistemnya tampak teratur, ini bukan alasan untuk berpuas diri, karena tidak adanya berita tidak selalu merupakan kabar baik. Malware Komputer berbahaya dapat bersembunyi di perut sistem operasi pc dan melakukan pekerjaan kotornya tanpa menarik perhatian: mencuri kata sandi, file dengan data rahasia, atau menggunakan pc anda untuk menginfeksi komputer lain.

Bagaimana Cara Kerja Malware Komputer Menyerang?

Serangan Malware Komputer dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara paling umum bagi Malware Komputer untuk memasuki sistem adalah melalui internet dan email. Artinya, itu bisa terjadi kapan saja anda bekerja online. Malware Komputer dapat memasuki komputer anda ketika anda (mengambil napas dalam-dalam) menelusuri situs web yang diretas, membuka demo game.

READ  Bootloop Android | 4 Cara Memperbaiki Tanpa Kehilangan Data

Mengunduh file musik yang terinfeksi, memasang bilah alat baru dari produsen yang tidak dikenal, mengunduh program dari sumber yang tidak diverifikasi, membuka lampiran email berbahaya. Singkatnya, ini dapat terjadi dalam situasi apa pun ketika anda mengunduh konten dari world wide web ke perangkat yang tidak memiliki antivirus yang cukup kuat.

Objek berbahaya sering bersembunyi di program yang tampaknya biasa – dan ini lebih mungkin terjadi jika anda mengunduhnya bukan melalui toko aplikasi tepercaya, tetapi dari situs web atau pesan. Penting untuk memperhatikan pesan peringatan saat menginstal sistem operasi laptop, terutama jika mereka meminta izin untuk mengakses email anda atau informasi pribadi lainnya.

Apa Bentuk Malware Komputer Yang Paling Umum?

Apa Bentuk Malware Komputer Yang Paling Umum

Berikut adalah pameran paling terkenal di galeri Malware Komputer:

  1. Adware adalah program yang tidak diinginkan yang ditulis untuk membombardir layar komputer anda dengan iklan (paling sering saat menggunakan browser). Sebagai aturan, objek tersebut menggunakan metode penipuan untuk memaksa pengguna menginstalnya di pc, komputer tablet, atau perangkat seluler: objek tersebut meniru program normal atau memasuki sistem sebagai “Beban tambahan” saat menginstal aplikasi lain.
  2. Spyware adalah perangkat lunak berbahaya yang diam-diam memantau tindakan pengguna komputer dan mengirimkan akumulasi data ke pengembangnya.
  3. Virus adalah perangkat lunak berbahaya yang menempel pada program lain dan, ketika diluncurkan (yang biasanya terjadi karena kelalaian pengguna), mulai mereproduksi dirinya sendiri dan memodifikasi aplikasi lain di komputer, menyuntikkan elemen kode berbahaya ke dalamnya.
  4. Worms adalah jenis Malware Komputer yang menyerupai virus. Mereka juga menyalin sendiri, menyusup ke komputer melalui jaringan, dan biasanya menyebabkan kerusakan dengan menghapus data atau file.
  5. Trojan, juga disebut sebagai sistem operasi komputer Malware Komputer trojan horse, adalah salah satu jenis Malware Komputer yang paling berbahaya. Mereka biasanya mencoba menipu anda dengan menyamar sebagai program yang berguna. Setelah trojan telah memasuki sistem, penyerang mendapatkan akses tidak sah ke komputer yang terinfeksi. Trojan digunakan untuk mencuri informasi keuangan dan juga untuk membuka jalan bagi objek berbahaya lainnya seperti virus dan ransomware.
  6. Ransomware adalah Malware Komputer yang mengunci perangkat anda dan/atau mengenkripsi file anda dan kemudian memaksa anda membayar uang tebusan untuk mengembalikannya. Ransomware dianggap sebagai senjata pilihan bagi penjahat dunia maya karena memungkinkan mereka dengan cepat menghasilkan keuntungan yang signifikan dalam mata uang kripto yang sulit dilacak . Kode yang menjadi dasar ransomware dapat dengan mudah diperoleh dari pasar gelap di internet, dan selalu sulit untuk mempertahankannya.
  7. Rootkit adalah perangkat lunak berbahaya yang memberikan hak administratif kepada penyerang pada komputer yang terinfeksi. Mereka biasanya tidak diperhatikan oleh pengguna, program lain, dan sistem operasi itu sendiri.
  8. Keylogger adalah Malware Komputer yang merekam tombol apa yang ditekan pengguna, menyimpan akumulasi informasi, dan mengirimkannya ke pembuatnya, yang mengekstrak informasi penting dari data, seperti nama pengguna, kata sandi, atau detail kartu kredit.
  9. Malware Komputer penambangan bayangan , juga kadang-kadang disebut sebagai perangkat lunak cryptojacking , adalah jenis Malware Komputer yang menjadi lebih luas. Objek-objek ini digunakan untuk penambangan mata uang kripto secara diam-diam dan biasanya dipasang menggunakan trojan. Akibatnya, pihak ketiga dapat menggunakan sumber daya komputer anda untuk menambang cryptocurrency seperti bitcoin atau monero. Mencegah anda menghasilkan uang dengan kekuatan operasi sistem terbaik komputer anda, cryptominers mengirim “Koin” yang diterima ke akun mereka sendiri. Program penambangan berbahaya sebenarnya mencuri sumber daya dari sistem orang lain untuk mendapatkan keuntungan.
  10. Eksploitasi adalah Malware Komputer yang mengeksploitasi bug dan kerentanan dalam sistem untuk memberikan kontrol kepada pembuatnya. Seperti ancaman lainnya, tidak jarang eksploitasi didistribusikan melalui iklan berbahaya : bahkan dapat ditampilkan di situs web biasa yang mengekstrak konten berbahaya dari situs web yang disusupi. Dalam kasus serangan yang berhasil, eksploitasi mencoba menyusup ke sistem melalui boot bayangan. Pengguna bahkan tidak perlu menekan tombol. Cukup mengunjungi situs web yang benar-benar tepercaya di hari yang buruk.

Bagaimana Sejarah Malware Komputer?

Bagaimana-Sejarah-Malware-Komputer

Karena beragamnya jenis Malware Komputer dan banyaknya varian objek berbahaya yang muncul di web setiap hari, menceritakan kembali sejarah lengkap Malware Komputer tidak akan muat di halaman ini. Namun demikian, tampaknya mungkin untuk menjelaskan secara singkat tren utama operasi sistem pc dalam pengembangan Malware Komputer selama beberapa dekade. Berikut adalah informasi tentang tren utama.

1980 Pemahaman teoretis tentang “Automata yang mereplikasi diri” (yaitu virus) dirumuskan dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun 1949. Virus paling awal mulai muncul pada 1970-an pada platform yang mendahului komputer pribadi. Namun, sejarah virus modern dimulai dengan program elk cloner yang menyerang sistem apple ii pada tahun 1982. Virus ini, yang dibawa oleh floppy disk yang terinfeksi, tidak membahayakan, tetapi menembus semua media yang terhubung ke sistem dan menyebar begitu cepat sehingga kasus ini memang dapat dianggap sebagai epidemi virus komputer skala besar pertama dalam sejarah. Harap dicatat bahwa ini terjadi jauh sebelum munculnya Malware Komputer windows. Selanjutnya, virus dan worm menjadi tersebar luas.
1990 Dekade ini menyaksikan kebangkitan platform microsoft windows; aplikasinya secara aktif menggunakan makro fleksibel, yang memungkinkan penyerang menulis kode berbahaya dalam bahasa makro microsoft word dan program lainnya. Virus makro ini menginfeksi dokumen dan templat jauh lebih sering daripada aplikasi yang dapat dieksekusi, meskipun, sebenarnya, makro dokumen word itu sendiri merupakan bentuk kode yang dapat dieksekusi.
2002-2007 Cacing pesan internet, kode berbahaya yang mereplikasi diri sendiri yang berjalan melalui jaringan pesan instan, menyebar luas, mengeksploitasi kelemahan keamanan dalam jaringan seperti aol aim, msn messenger, dan yahoo messenger, dan menginfeksi pesan instan sistem operasi sistem laptop.
2005-2009 Serangan adware, yaitu iklan yang tidak diinginkan di layar komputer, terkadang dalam bentuk jendela pop-up yang tidak dapat ditutup, semakin sering terjadi. Objek berbahaya ini sering mengeksploitasi kerentanan dalam program yang sah untuk menyebar, tetapi mendekati tahun 2008, penerbit perangkat lunak sendiri mulai menggunakan perusahaan periklanan untuk tujuan penipuan. Hal ini mengakibatkan denda jutaan dolar. Akibatnya, perusahaan yang mengembangkan adware terpaksa berhenti bekerja.
2007-2009 Pembuat Malware Komputer mengalihkan perhatian mereka ke jejaring sosial seperti myspace, melihatnya sebagai media yang nyaman untuk iklan penipuan, pengalihan, antivirus palsu, dan alat keamanan palsu. Trik mereka didasarkan pada metode rekayasa sosial. Seiring waktu, popularitas jaringan myspace mulai menurun, dan facebook dan twitter menjadi platform favorit para penyerang. Taktik yang dicoba dan diuji juga digunakan di sini, termasuk tautan palsu ke halaman phishing dan iklan untuk aplikasi facebook dengan ekstensi berbahaya. Ketika metode ini menjadi tidak efektif, penipu dengan cepat menguasai metode pencurian baru .
2013 Ransomware menjadi bentuk Malware Komputer baru. Di antara yang pertama adalah program cryptolocker, yang berlangsung dari september 2013 hingga akhir mei 2014. Target utamanya adalah komputer yang menjalankan windows. Pengguna yang sistemnya menjadi korban cryptolocker terpaksa membayar sekitar $27 juta – dan itu hanya untuk kuartal terakhir tahun 2013. Keberhasilan ransomware operasi sistem komputer ini telah menyebabkan lonjakan program lain dengan nama yang sama. Salah satu peniru tersebut mampu menipu hanya 1.000 korban untuk $18 juta dari april 2014 hingga juni 2015.
2013-2017 Dengan munculnya metode pengiriman melalui trojan, eksploitasi, dan iklan berbahaya, ransomware telah menjadi raja Malware Komputer sejati. Wabah infeksi yang sangat besar pada tahun 2017 mempengaruhi banyak perusahaan di berbagai industri. Tindakan program ransomware sangat sederhana: pertama, ia mengenkripsi data korbannya, dan kemudian meminta tebusan untuk mengembalikan akses ke mereka.
2017 Cryptocurrency dan metode penambangannya – itulah yang menarik perhatian banyak orang di seluruh dunia dan menyebabkan munculnya jenis Malware Komputer baru – program cryptojacking yang secara diam-diam menggunakan sumber daya perangkat orang lain untuk menambang cryptocurrency.
READ  Kamera Canon Eos 1300D Review Spesifikasi Dan Harga

Apakah Malware Komputer Hanya Menginfeksi Komputer Mac?

Apakah Malware Komputer Hanya Menginfeksi Komputer Mac

Sistem ini ditargetkan oleh jenis Malware Komputer lain – dan ini adalah topik diskusi terpisah. Sistem mac memiliki kerentanan yang sama (dan gejala infeksi terkait) seperti komputer windows, sehingga keandalannya dalam hal ini tidak mutlak. Misalnya, perlindungan anti-Malware Komputer bawaan mac tidak dapat memblokir semua adware dan semua spyware yang masuk ke komputer bersama dengan program penipuan yang diunduh. Trojan dan keyloggers juga menimbulkan ancaman. Ransomware yang ditulis khusus untuk sistem mac ditemukan pada maret 2016,

ketika serangan berbasis trojan mempengaruhi lebih dari 7.000 mac. Khususnya, produk Malware Komputer bytes mendeteksi lebih banyak Malware Komputer pada operasi sistem gratis mac pada tahun 2017 dibandingkan tahun sebelumnya. Pada akhir tahun 2017, jumlah ancaman unik baru yang dihitung pada platform mac oleh para ahli kami meningkat 270 persen dibandingkan tahun 2016. Untuk mengunjungi blog Malware Komputer bytes untuk informasi lebih lanjut tentang Malware Komputer mac, silakan klik di sini.

Apakah Malware Komputer Menginfeksi Perangkat Seluler?

Apakah Malware Komputer Menginfeksi Perangkat Seluler

Penjahat dunia maya dan vendor Malware Komputer bekerja dengan baik di pasar perangkat seluler. Bagaimanapun, smartphone sebenarnya adalah komputer portabel dengan banyak fungsi. Selain itu, mereka adalah harta karun berupa data pribadi, informasi keuangan, dan informasi berharga lainnya yang menarik mereka yang ingin menghasilkan uang secara tidak jujur. Sayangnya, pertumbuhan jumlah smartphone yang hampir eksponensial telah menyebabkan lonjakan aktivitas Malware Komputer yang mencoba mengeksploitasi kerentanan perangkat ini.

Adware, trojan, spyware, worm, dan ransomware – semua objek berbahaya ini dapat memasuki ponsel anda dengan berbagai cara. Mengklik tautan berisiko atau mengunduh aplikasi yang belum diverifikasi hanyalah sumber masalah yang paling jelas. Namun, anda juga dapat menginfeksi perangkat lunak anda melalui email, teks, atau bahkan melalui koneksi bluetooth. Selain itu, beberapa jenis Malware Komputer, seperti worm, menyebar langsung dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

Singkatnya, ini adalah pasar yang besar (dan target yang besar). Menurut salah satu sumber statistik , ada 2,1 miliar pengguna perangkat seluler di dunia, dan pada 2019 diperkirakan akan tumbuh menjadi 2,5 miliar. Setiap pengguna keempat memiliki lebih dari satu perangkat. Inilah sebabnya mengapa penjahat dunia maya menganggap pasar perangkat seluler sebagai target yang sangat menarik, karena prinsip meningkatkan efisiensi “Produksi” dengan meningkatkan skalanya memungkinkan mereka untuk menerima keuntungan luar biasa dengan biaya minimal.

READ  Top 7 Laptop Apple Terbaik: Peringkat 2022 Dan Murah

Selain itu, menyerang pengguna perangkat seluler bisa jauh lebih mudah. Dalam kebanyakan kasus, mereka tidak melindungi ponsel dan komputer mereka, tidak menginstal perangkat lunak keamanan, atau tidak memperbarui sistem operasi tepat waktu. Hal ini membuat mereka rentan terhadap Malware Komputer bahkan primitif. Layar perangkat seluler kecil, dan pengguna tidak dapat melacak semua yang terjadi dalam sistem. Aktivitas mencurigakan, yang di lingkungan pc biasanya mengindikasikan serangan virus, mungkin tidak diperhatikan, seperti halnya dengan spyware.

Perangkat seluler yang terinfeksi bahkan lebih berbahaya daripada pc yang terinfeksi. Dengan meretas ponsel cerdas anda, para penjahat dapat mengikuti setiap gerakan anda dengan bantuan kamera, menguping percakapan anda. Lebih buruk lagi, Malware Komputer mobile banking menyadap panggilan masuk dan pesan teks untuk melewati otorisasi dua langkah yang digunakan oleh banyak perangkat lunak windows perbankan.

Bagaimana Memahami Jika Perangkat Android Terinfeksi Malware Komputer?

Untungnya, ada beberapa tanda yang dengannya anda dapat secara akurat menentukan bahwa perangkat android telah terinfeksi. Jadi, anda telah diserang jika anda memperhatikan hal berikut:

Langkah 1 Munculnya jendela pop-up secara tiba-tiba dengan iklan yang mengganggu. Jika mereka muncul entah dari mana dan mengarahkan anda ke situs web yang tidak jelas, maka anda mungkin telah menginstal aplikasi yang menyembunyikan adware. Jadi jangan klik pada blok iklan.
Langkah 2 Lonjakan aneh dalam penggunaan data. Perangkat lunak berbahaya dapat menghabiskan sebagian besar paket data anda untuk menampilkan iklan dan mengirim informasi yang dicuri dari ponsel anda ke penyerang.
Langkah 3 Jumlah yang mencurigakan pada faktur. Ini terjadi ketika Malware Komputer melakukan panggilan dan mengirim pesan teks ke nomor berbayar.
Langkah 4 Baterai cepat memudar. Perangkat lunak berbahaya menghabiskan sumber daya ponsel dan, akibatnya, menguras baterai lebih cepat.
Langkah 5 Penelepon di daftar kontak anda melaporkan panggilan aneh dan pesan teks yang datang dari ponsel anda. Perangkat lunak pc berbahaya mereplikasi dirinya sendiri, mengirimkan salinan dirinya dari satu perangkat ke perangkat lain melalui email dan bahkan pesan teks, mendorong pengguna lain untuk mengikuti tautan khusus.
Langkah 6 Ponsel terlalu panas sekaligus mengurangi kinerjanya. Ada, misalnya, trojan yang menyusup ke sistem android dan membawa penginstal yang sangat agresif; ini pada gilirannya membebani prosesor, menyebabkan pemanasan berlebihan pada ponsel dan menguras baterai (kadang-kadang bahkan menyebabkannya berubah bentuk), yang, tentu saja, membuat perangkat android benar-benar tidak dapat digunakan .
Langkah 7 Aplikasi tak terduga di layar. Terkadang Malware Komputer secara diam-diam memasuki sistem sebagai “Beban tambahan” saat menginstal aplikasi lain. Ini karena fakta bahwa android memungkinkan anda untuk langsung dari google play ke toko lain, seperti amazon, yang dapat melewatkan objek berbahaya ini atau itu.
Langkah 8 Ponsel itu sendiri mencakup wi-fi dan internet seluler. Ini adalah cara lain bagi Malware Komputer untuk menyebar ketika mengabaikan pengaturan anda dan membuka saluran untuk infeksi.
Langkah 9 Di bawah ini kami akan memberi tahu anda apa yang harus dilakukan jika perangkat android anda masih terinfeksi virus . Kami juga menyarankan anda membaca artikel di blog Malware Komputer bytes yang didedikasikan untuk melindungi data pribadi di perangkat android.

Bagaimana Cara Menghapus Malware Komputer?

Bagaimana Cara Menghapus Malware Komputer

Jika anda mencurigai perangkat lunak laptop anda memiliki Malware Komputer, atau hanya ingin memainkannya dengan aman, ikuti beberapa langkah sederhana. Pertama-tama, jika anda belum melakukannya, unduh program antivirus tepercaya seperti Malware Komputer bytes untuk windows, Malware Komputer bytes untuk mac , Malware Komputer bytes untuk android , atau salah satu produk bisnis kami . Kemudian instal program dan jalankan pemindaian. Program-program ini mencari dan menghilangkan semua objek berbahaya yang ditemukan di perangkat anda.

Setelah sistem dibersihkan dari virus, disarankan untuk mengubah kata sandi – tidak hanya di akun komputer atau perangkat seluler, tetapi juga di email, jejaring sosial, toko online yang sering dikunjungi, serta di layanan perbankan dan penagihan. Jika iphone anda entah bagaimana telah disusupi oleh objek yang tidak bersahabat, segalanya menjadi sedikit lebih rumit. Apple tidak mengizinkan pemeriksaan file sistem iphone atau file lainnya.

Dalam hal ini, satu-satunya solusi adalah menghapus semua data dari ponsel dengan melakukan reset pabrik, dan kemudian mengembalikan file dari cadangan (yang pasti anda lakukan sebelumnya, bukan?). Anda juga dapat mencoba menginstal perangkat lunak keamanan yang memblokir panggilan penipuan dan pesan teks, seperti Malware Komputer bytes untuk ios (segera hadir!). Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat posting wendy zamora ” 10 langkah mudah untuk membersihkan komputer anda yang terinfeksi “.

Sumber: info berita software development terbaru

administrator
the authoradministrator